Training Certification, Manager Ulangtahun, Sampai Obat Penghilang Ngantuk

Sebelum gua memulai cerita ini, gua sampaikan bahwa gua menulis ini dengan penuh kelaparan. Lapar, belum sarapan, gendut, maklum anak kost an.
Okay, balik ke penjurian. Eh penulisan maksud nya.

Jadi di sini gua akan menceritakan Training Certification pada tanggal 10-11 April 2017 kemarin.

Awal nya Dahulu 

Jadi mengapa di adakan Training Certification? Asal kalian tahu saja bahwa pada 1 April 2017 hotel tempat gua bekerja ini rebranding dari InterContinental MidPlaza Jakarta menjadi Ayana Midplaza Jakarta. Kata orangorang,

“Ko rebranding sih? Kan InterContinental itu brand International.”

“Ayana itu kan bukan nya hotel di Bali ya?”

“Ayana? Ayanaon?” (Itu kata gua)

Jadi alasan mengapa rebranding yaitu keputusan dari owner kita. YA IYA LAH MASA KEPUTUSAN GUA. Jadi Owner kami ingin melepaskan InterContinental dari saham nya, lalu mengganti nya dengan Ayana yang kami ketahui itu adalah hotel buatan Owner kami. Ayana itu bukan hotel homemade, handmade, tapi owner-made. Yang kita tahu Ayana itu ada di Bali dan itu memang milik Owner kami dan itu adalah hotel yang terbilang sukses dan Owner kami ingin membuka Ayana Jakarta. Mungkin banyak staff yang kurang menyukai perubahan ini, tetapi ngga setiap perubahan itu jelek. Benar kan?

Training Certification

Juadi untuk mendapatkan sertifikat yang menandakan bahwa kita staff hotel ini, maka di adakan sertifikasi yaitu Training Certification yang di bagi 2 batch, tanggal 8-9 April 2017 dan tanggal 10-11 April 2017 dan gua kebagian batch yang kedua yaitu tanggal 10-11 April.

Saat sertifikasi kita memakai baju biru yang di bagikan team rebranding dan team rebranding sendiri menggunakan polo shirt putih yang nanti juga bakal kalian lihat. Sebelum memulai kegiatan tersebut ada hanya satu peraturan yaitu “Hape harap di kumpulkan ke panitia, agar kalian dapat mengikuti dan fokus dengan sertifikasi ini.” Dan akhir kita pun ngga memegang hape selama sertifikasi dan hape nya kita namain agar ngga hilang. Bertuliskan nama lengkap dan sebelum men judge tulisan Rasa yang di artikan sebagai “Rasa yang pernah ada” kalian salah. Rasa itu adalah nama outlet hotel di mana gua bekerja, Rasa Restaurant.

Dalam sertifikasi ini ada Gate Gate yang harus kita lewati. Ada 4 Gate dan itu semua harus tercapai dan gua lupa namanama Gate nya apa saja. Yang pasti nya sih itu berisi materi tentang Visi Misi Hotel, Service Standards, SOP, etc. Bukan sop ayam ya tapi SOP itu singkatan dari Standard Operational Procedure. Bahkan ada SOP bagaimana cara menyapa tamu, mungkin di beberapa pelajaran hidup kalian materi itu ngga ada.

Ternyata Restaurant Manager Gua Ulangtahun

Tanpa gua sangka dan gua ketahui, manager gua Pak WWW sedang ber ulangtahun. Kenapa gua sebut Pak WWW karena nama lengkap nya itu terdiri dari 3 kata dan semua di awali oleh huruf W. Dan nanti dia akan pindah outlet yaitu menjadi Manager di fine dining restaurant kita. Selamat ulangtahun ya pak, maaf saya orang nya suka susah di kasih tahu. Suka nya di kasih tempe, di guyur kecap.

Obat Penghilang Ngantuk

Hal yang berat dalam kegiatan ini adalah menahan ngantuk. Gila bor ngantuk pisan dan penyebab nya itu bukan hanya karena materi nya yang banyak tetepi tempat kita training itu membuat suasana kita ingin tidur. Segala cara apapun gua kerahkan agar tidak mengantuk. Mulai dengan cara gua mengetuk kepala dengan pulpen, nge jewer kuping sendiri, menahan nafas sampai 30 detik, yang awal nya gua duduk di depan sampai gua duduk di barisan kedua. Sampai pada akhir nya gua menemukan obat yang cocok untuk menghilangkan rasa kantuk dan obat nya adalah foto di bawah ini.

Ya. Obat penghilang ngantuk gua adalah orang yang di foto ini, bernama Pak Kurniawan yang biasa gua panggil Pak Kuku. Mungkin kalian mikir, “Obat nya mana?” Obat nya yaitu dengan ngisengin si Pak Kuku ini. Mulai dari megang lemak yang ada di lengan nya, mencolek lemak yang ada di perut nya, ngatain dia Slime, dan itu menjadi hiburan atau obat penghilang ngantuk gua. Lu harus lihat sendiri itu lemak nya besar banget dan playable. Sampai akhir nya dia bilang, “Elu sekali lagi menyentuh lemak gua, gua tabok lu.” Dan sampai di situ gua berhenti ngisengin dia dan gua sudah ngga ngantuk lagi. Karena gua sudah ngga ngantuk lagi, jadi gua ngisengin dia lagi. Maaf Pak Kuku, anak buah nya iseng.

Tapi btw, selama dua hari training itu gua memang membuat banyak orang kesal. Seperti salah satu rekan kerja gua yang biasa gua panggil Om jeff. Dia ngomong, “Gila lu makin sekarang makin kurus. Kesal gua lamalama.” Begitu.

General Manager Ayana Bali  

Hal yang membanggakan pada saat kegiatan itu hanya satu. Yaitu nama gua di sebut saat General Manager Ayana Bali, Clive Edward, sedang speech. Itu hanya satu dan satusatu nya hal yang membanggakan. Thank you Mr. Clive.

Terimakasih Food and Beverage Department Team Ayana Bali

Sebelum kegiatan berakhir ada rangkaian acara gitu yaitu tes tentang filosofi TENET, itu pilar kita. Dan gua sampai sekarang belum hafal filosofi nya, yang gua hafal adalah singkatan dari TENET itu sendiri. Dan akhir nya ada yang hafal yaitu salah satu anak Front Office dan hadiah nya 500ribu, wew. 

Foto si Front Office dengan Executive Management.

Kalau gua dapat 500ribu langsung gua tabung buat cicil kost an atau pulang ke Ciangsana ketemu Mama atau ke Abadi 1 menemui sang pujaan hati.

Di saat kegiatan semua itu berakhir, gua yang paling semangat untuk fotofoto. Bukan nya narsis tapi untuk kebutuhan pribadi yaitu untuk blog ini hehe. Akhir nya kita para staff fotofoto dan gua ngga ada di foto itu karena gua yang fotoin mereka. Tapi dengan mendapatkan foto mereka, gua sudah puas. Karena kebutuhan blog gua ini terpenuhi, jadi gua ngga kecewa kalau gua ngga ada di foto ini.

Dan pada akhir nya kita ada sesi foto bersama F&B Department Team Ayana Bali. Di saat sesi foto ada salah satu team rebranding bilang ke gua, “Ayo sana ikut foto. Mana sini hape nya biar saya yang fotoin. Kasihan daritadi kamu terus yang fotoin.” Jadi, Peduli atau Kasihan itu adalah hal penting dalam dunia perfotoan.

Terimakasih F&B Department Team Ayana Bali yang telah membimbing kami walau hanya 2 hari, terutama untuk Pak Putu sebagai trainer operational, Pak Dika yang habis breakfast langsung membantu kita dalam menghadapi ratusan tamu yang breakfast, menginap di hotel kami dari bulan lalu sampai kemarin check out hari jumat. Doakan ya supaya saya ke Ayana Bali untuk menjadi tamu kalian. Thanks Ayana Bali and Ayana MidPlaza Jakarta, We Made The Difference!

Akhir nya gua ada di dalam foto.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s